Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Academic Burnout Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.35326/frame.v4i01.7461Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Academic Burnout siswa, mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring, serta menguji efektivitas penurunan Academic Burnout siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa, diambil sampel sebanyak 8 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan uji Wilcoxon. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan treatment (pre-test), mayoritas Academic Burnout siswa diperoleh (57%) berada dalam kategori sedang, dan (43%) pada kategori rendah. Sebanyak 8 siswa dalam kategori sedang diberikan treatment berupa layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring dalam tiga pertemuan, yang mencakup keputusasaan karena merasa usaha belajar tidak membawa hasil, rendahnya penghargaan terhadap pendapat dalam kelompok belajar, dan rendahnya kepercayaan diri karena kesulitan belajar. Hasil Posttest menunjukkan pengurangan signifikan dengan 87% siswa mencapai kategori rendah dan 13% tetap dalam kategori sedang. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan antara pre-test dan posttest p = 0.012 (p<0.05), yang mengindikasikan bahwa teknik Cognitive Restructuring efektif dalam mengurangi Academic Burnout siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau.
Kata Kunci: Academic Burnout, Cognitive Restructuring, Konseling Kelompok
Downloads
References
Azizah, N., Mz, I., & Faz, G. O. (2023). Implikasi Bimbingan Kelompok Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Di Madrasah Aliyah. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(1), 19–30.
Dewi, B. N. I., Nuryani, R., & Lindasari, S. W. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Burnout Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 7(1), 272–278.
Edison, E., Anuar, A. B., Nesta, A. A., & Pradini, W. (2023). Analisis faktor penyebab stres akademik dengan teknik rekstrukturisasi kognitif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5070-5084.
Febriani, R. D., Triyono, T., Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors Affecting Student’s Burnout In Online Learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32–38.
Husniah, W. O., Ulfa, M., & Andriani, W. (2022). Efektivitas Teknik Relaksasi Melalui Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Rasa Jenuh Belajar Daring. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(1), 50-57.
Lisnatri. (2022). Penerapan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bunyu (Skripsi, Universitas Borneo Tarakan). Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan.
Maslach, C., & Leiter, M. P. (2022). The Burnout Challenge: Managing People’s Relationships With Their Jobs. Harvard University Press.
Nuraeni, L., Samsudin, A., & Annisa, D. F. (2024). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Dalam Menurunkan Stres Akademik Siswa Tingkat X Smkn 3 Cimahi. Fokus: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 7(3), 240–247.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas.
Kurniawan, U. T., & Sadif, R. S. (2024). Studi Self Esteem Remaja Yang Mengalami Body Shaming Dengan Teknik Cognitive Restructruring (CR). Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(2), 252-257.
Putri, G. D., & Hasibuan, M. F. (2024). Effectiveness Of Group Guidance Services Using Self-Regulated Learning Techniques To Reduce Academic Burnout In Class X Students Of Ypk Medan Vocational School. Bright Vision Journal Of Language And Education, 3(2), 262–274.
RAHIM, A., & Wijaya, R. S. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Motivasi Intrinsik Dalam Belajar Siswa XI SMA Negeri 3 Lakudo. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(01), 205-209.
Sadif, R. S. (2023). PERILAKU CYBERBULLYING DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF (Studi Kasus Pada Remaja Siswa Di SMA Negeri 3 Lasalimu). Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(02), 140-151.
Setiawan, I. (2020). Penerapan teknik self regulated learning dalam mereduksi tingkat academic burnout siswa di sekolah MAN 1 Watansoppeng.