EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BAUBAU

Authors

  • Rosita Rosita Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rasman Sastra Wijaya Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

kecenderungan perilaku membolos, Bimbingan Kelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecenderungan perilaku membolos siswa kelas XI SMA Negeri 3 Baubau. Metode yang digunkaan dalam penelitian ini adalah metode Pre-eksperiment dengan menggunakan desain penelitian one group pre-test dan post-test design.Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 59 siswa.Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive.Dimana siswa kelas XI IPS II dijadikan sampel untuk mengurangi perilaku membolos siswa yaitu sebanyak 15 orang siswa yang memiliki perilaku membolos yang tinggi.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan skala perilaku membolos.Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon.Hasil yang diperoleh pada pre-test adalah kategori tinggi sebanyak 7 siswa (47%) dan ketegori sedang sebanyak 8 siswa (53%).Kemudian pada hasil post-test menurun menjadi kategori sedang yaitu 3 siswa (20%) dan kategori rendah yaitu 12 siswa (80%).Bahwa hasil pre-test dan post-test menunjukkan nilain Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 atau (p< 0,05), dengan hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan antara pre-test dan post-test.Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku membolos yang ada pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amti, P. (n.d.). Erman.(2015) Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arianti, R. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. UIN Raden Intan Lampung.

Farid, D. M. (2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.

Muin, S. (2015). Peran pola asuh permisif, iklim sekolah, dan motivasi berprestasi terhadap perilaku membolos siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 93.

Pravitasari, A., & Warsito, B. E. (2012). Perbedaan tingkat kecemasan pasien anak usia prasekolah sebelum dan sesudah program mewarnai. Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1), 16–21.

Puspawan, Y. E., & Soesilo, T. D. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Kristen 1 Salatiga. Mimbar Ilmu, 24(1), 83–88.

Saputra, A. D. (2022). Peran Guru Kelas Dalam Mengampu Tugas Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 389–400.

Setiawati, S. M. (2020). Perilaku membolos: penyebab, dampak, dan solusi. Pd Abkin Jatim Open Journal System, 1(2), 99–108.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, penerbit Alfabeta. Jakarta.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Rosita, R., & Rasman Sastra Wijaya. (2023). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BAUBAU. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(01), 118–123. Retrieved from http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/4985