EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VII SMP NEGERI 15 BAUBAU

Authors

  • Yusmia Yusmia Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samsaifil Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Premack Principle, Game Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik premack priciple untuk mengurangi kecanduan game online siswa SMP Negeri 15 Baubau. Metode penelitian menggunakan eksperimental dengan desain penelitian pre-experimental desain: One Group Preset-posttest desing dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Baubau sebanyak 20 orang dengan jumlah sampel 13 siswa menggunakan teknik Purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan skala kecanduan game onlin edengan teknik analisis menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara nilai pretest yaitu kategori rendah sebanyak 0 orang (0%), kategori sedangsebanyak 5 orang (38%), dan kategori tinggi sebanyak 8 orang (62%) dannilaiposttest dengan kategori tinggi sebanyak 0 orang (0%), kategori sedang sebanyak 9 orang (69%), dan kategori rendah sebanyak 4 orang (31%). Sehingga hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 atau (p < 0,05). Hasil penelitian dan analisis data melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik premack principle efektif dalam mengurangi kecanduan game online siswa SMP Negeri 15 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, A. S. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru IPS Dan Iklim Kelas Dengan Motivasi Belajar. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(3).

Bahri, D. S., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiman, S., Arif, M., & others. (2017). Keefektifan bimbingan klasikal berbantuan media audio visual dalam upaya mencegah terjadinya pernikahan usia dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(2).

Husniah, W. O., Safaria, R., Ulfa, M., & Rahmah, S. (2022). Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Short Movie Impian. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 6(1), 159-167.

Kompri, M. P. I. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif guru dan siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maharani, N. (2022). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DALAM CERITA PADA KELAS IV SDN MARGOREJO I/403 SURABAYA. Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya (Densemina Yunita Wabdaron, 2022) Melasarianti, L.(2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Debat Plus pada Mata Kuliah Berbicara. Jurnal Lingua Idea, 9(1), 23–28.

Minanurrohman, M., & others. (2018). Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mtsn 10 Sleman Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mitchell, M. H., & Gibson, R. L. (2011). Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratumanan, T. G. (n.d.). dan Imas Rosmiati. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Yusmia, Y., & Samsaifil. (2023). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VII SMP NEGERI 15 BAUBAU. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(01), 113–117. Retrieved from http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/4628