ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (STUDI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI)

Authors

  • Al Rizal Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rabiyatul Jasiyah Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Corporate Social Responsibility, Return on Assets, Debt to Asset Ratio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas yang diukur menggunakan return on assets (ROA), dan variabel leverage yang diukur menggunakan debt to asset ratio (DAR), baik secara parsial, maupun secara simultan terhadap corporate social responsibility (CSR) pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022. Pada penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Selain itu, digunakan juga metode analisis regresi linear berganda untuk meregresi variabel-variabel bebas dan variabel terikat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat laporan keuangan masing-masing perusahaan yang dijadikan sampel penelitian dan diolah menggunakan aplikasi statistik SPSS. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan berpengaruh terhadap corporate social responsibility (CSR), yang dilihat dari nilai signifikansi hasil uji t (uji parsial) yaitu dengan nilai signifikan sebesar 0,001 > 0,05, sedangkan variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility (CSR), yang dilihat dari nilai signifikansi hasil uji t (uji parsial) yaitu dengan nilai signifikan sebesar 0,687 < 0,05. Dan variabel leverage berpengaruh terhadap corporate social responsibility (CSR), yang dilihat dari nilai signifikansi hasil uji t (uji parsial) yaitu dengan nilai signifikan sebesar 0,001 > 0,05. Secara simultan, seluruh variabel bebas yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas yang diukur menggunakan return on assets (ROA), dan variabel leverage yang diukur menggunakan debt to asset ratio (DAR) berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility (CSR) dengan nilai signifikan sebesar 0,004 < 0,005.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aresteria, M., Sulestiyono, D., & Hitotsu, R. F. (2021). Analisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada peningkatan profitabilitas perusahaan high profile tahun 2017-2019. JEMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 10–18. Universitas Diponegoro. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/taaij/article/view/18188/0

Budiman, N. A. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial. JRAMB, 1(1), 14–34.

Dewi, I. S., & Khafi, D. N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Liabilitas: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Ekonomi, 3(1), 56–76. Universitas Satya Negara Indonesia. https://ojs.jekobis.org/index.php/liabilitas/article/view/32

Fahmi, I. (2017). Analisis laporan keuangan. Bandung: Alfabeta.

Handayani, B. D. (2017). Mekanisme corporate governance, enterprise risk management, dan nilai perusahaan perbankan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 21(1), 70–81. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i1.1228

Indraswari, I. G. A. L., & Mimba, N. P. S. H. (2017). Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, kapitalisasi pasar dan kepemilikan saham publik pada tingkat pengungkapan CSR. Jurnal Akuntansi, 20(2), 1219–1248.

Irmayanti. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam laporan tahunan (Studi kasus pada perusahaan manufaktur sub sektor semen yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ismainingtyas, B., Suryono, B., & Wahidahwati. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. WAHANA: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 23(1), 1–23. http://jurnalwahana.aaykpn.ac.id/index.php/wahana/article/view/183

Istifaroh, A., & Subardjo, A. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(6), 1–19. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/486

Kasmir. (2016). Analisis laporan keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marulloh, A. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pengungkapan Corporate Social Responsibility pada laporan tahunan BUMN bidang industri pupuk dan semen. Skripsi. Universitas Lampung.

Meliniawaty, E., & Supatmi. (2021). Pengungkapan Corporate Social Responsibility aspek sosial terhadap nilai perusahaan dengan manajemen risiko sebagai pemoderasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 5(1), 39–46.

Nugroho, A. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam laporan tahunan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur di Indonesia tahun 2016-2018). Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Paramita, A. I., & Syahzuni, B. A. (2022). Analisis pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. IRWNS: Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 13(1), 220–227. Universitas Esa Unggul. https://jurnal.polban.ac.id/ojs3.1.2/proceeding/article/view/4253

Putra, & Setiawan, M. A. (2022). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. JEA: Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 4(3), 611–625. http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/article/view/567

Putri, B. U., Santi, E., & Afni, Z. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Corporate Social Responsibility disclosure (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020). JABEI: Jurnal Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi Indonesia, 1(1), 66–78. https://akuntansi.pnp.ac.id/jabei/index.php/jabei/article/view/12

Rivandi, M., & Putra, R. J. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 5(2), 513-524.

Saputri, D. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sawir, A. (2015). Analisis kinerja keuangan dan perencanaan keuangan perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sholihin, M. R., Harnovinsah, & Aulia, Y. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, 2(2), 110–130. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1399

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyoningsih, E. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2013). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susilowati, F., Wafirotin, K. Z., & Hartono, A. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, tipe industri, dan ukuran dewan komisaris terhadap Corporate Social Responsibility disclosure (Studi empiris pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 18. https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.186

Wati, L. N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan GRI 3 pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Jurnal Ecodemica, 2(2), 240–252. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/4457

Downloads

Published

2025-06-30