PENGARUH INFLASI DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR BARANG KONSUMSI YANG LISTING PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2018

Authors

  • Miftahul Arifin Hidayatullah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Rais Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Inflasi, Profitabilitas dan Harga Saham.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana harga saham perusahaan manufaktur barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2015 hingga 2018 mempengaruhi dampak inflasi dan profitabilitas (ROA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan data sekunder menjadi sumber data yang digunakan. Ada 34 perusahaan dalam sampel dalam laporan ini. Dalam penelitian ini, metode analisis data menggunakan Multiple Linear Analysis. Temuan analisis ini menunjukkan bahwa kedua variabel independen memiliki efek simultan pada variabel dependen berdasarkan tes F. Variabel X1 (inflasi) memiliki nilai signifikansi 0,938 lebih tinggi dari nilai signifikansinya sebesar 0,05 berdasarkan tes T, yang berarti variabel X1 (inflasi) tidak berpengaruh pada harga saham. Sedangkan untuk variabel X2, profitabilitas (ROA) memiliki nilai signifikan 0.000 kurang dari nilai signifikan 0,05, artinya harga saham dipengaruhi oleh variabel X2 profitabilitas(ROA). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi nilai R sebesar 0,141 atau 14,1% berarti variabel X1 (Inflasi) dan X2 (ROA) memiliki pengaruh sebesar 14,1% dan 85,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-10-20

Issue

Section

Articles