Pengamatan Teknik Penilaian Sikap siswa, Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan di Sekolah Dasar
Keywords:
Pengamatan, Teknik Penilaian, Sikap, Pengetahuan, KeterampilanAbstract
Proses pengamatan teknik penilaian, beberapa kendala yang dihadapi antara lain kurangnya pemahaman sebagian guru dalam menerapkan teknik penilaian sikap secara objektif, keterbatasan waktu dalam melakukan penilaian kompetensi pengetahuan secara menyeluruh, serta belum optimalnya metode yang digunakan dalam menilai keterampilan siswa secara autentik. Kegiatan pengamatan teknik penilaian sikap siswa, kompetensi pengetahuan, dan keterampilan di SD Negeri 4 Baubau bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode penilaian yang digunakan oleh guru dalam menilai perkembangan siswa. Metode kegiatan pengabdian ini menggunakan pengambilan data lapangan berupa RPP dan lembar observasi untuk menganalisis teknik penilaian sikap, kompetensi pengetahuan, dan keterampilan siswa. Tim pengabdi akan mengumpulkan dan mengkaji RPP yang digunakan oleh guru untuk memahami perencanaan penilaian yang diterapkan dalam pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukan bahwa penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik telah dilakukan dengan metode yang beragam dan sistematis untuk mengukur perkembangan mereka secara menyeluruh. Penilaian sikap menggunakan indikator kerja sama, keaktifan, partisipasi, dan inisiatif yang membantu guru dalam memberikan umpan balik objektif. Penilaian kompetensi pengetahuan mengombinasikan tes tertulis dan lisan untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai pemahaman siswa.