Pelaksanaan Keterpaduan Kurikulum, Strategi Pembelajaran, Perangkat Pembelajaran dan Sistem Evaluasi Sekolah Menengah Pertama
Keywords:
Kurikulum, Strategi Pembelajaran, Perangkat Pembelajaran, Sistem EvaluasiAbstract
Pelaksanaan keterpaduan kurikulum dilakukan dengan mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu kesatuan yang saling mendukung guna mencapai tujuan pendidikan yang holistik. Tujuan kegiatan pelaksanaan keterpaduan kurikulum, strategi pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, dan sistem evaluasi adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang holistik dan relevan dengan kebutuhan siswa. Metode kegiatan pelengkap data dalam pelaksanaan keterpaduan kurikulum, strategi pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, dan sistem evaluasi dilakukan melalui beberapa pendekatan, yaitu mengamati langsung proses pembelajaran di kelas untuk melihat efektivitas penerapan kurikulum, strategi pengajaran, serta penggunaan perangkat pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukan bahwa Pelaksanaan keterpaduan kurikulum, strategi pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, dan sistem evaluasi berlangsung sangat efektif dan terstruktur. Guru-guru berkolaborasi untuk menyusun kurikulum yang integratif, menggabungkan berbagai mata pelajaran untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan menitikberatkan pada pendekatan student-centered, mendorong partisipasi aktif siswa. Perangkat pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan dilengkapi berbagai media pembelajaran inovatif. Sistem evaluasi dirancang cermat untuk mengukur perkembangan siswa secara holistik, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, memberikan umpan balik konstruktif bagi peningkatan proses belajar mengajar.