Kreativitas dalam Pendidikan Nonformal melalui Program Pengembangan Potensi Masyarakat Islam

Authors

  • Abdul Kahar Syarifuddin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Jufri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhamad Yusuf Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ayna Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Adinda Nurfarahim Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Kreativitas, Pendidikan Nonformal, Program Pengembangan, Masyarakat Islam

Abstract

Pendidikan nonformal menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di kalangan masyarakat Islam. Program Pengembangan Potensi Masyarakat Islam (PPP MI) menjadi salah satu wadah yang memungkinkan proses pendidikan nonformal berjalan dengan lebih efektif. Tujuan dari kegiatan memberikan kreativitas dalam pendidikan nonformal melalui program pengembangan potensi masyarakat Islam. Metode kegiatan kreativitas dalam pendidikan nonformal melalui program pengembangan potensi masyarakat Islam di Kelurahan Pasarwajo dapat diwujudkan melalui berbagai pendekatan yang bersifat partisipatif dan aplikatif. Salah satu bentuk nyata adalah penguatan Majelis Ta’lim Nurul Yaqin di Masjid Raya Pasarwajo sebagai pusat pembelajaran agama yang tidak hanya menyajikan kajian keislaman, tetapi juga mengembangkan kreativitas masyarakat dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Program pengembangan potensi masyarakat Islam di Kelurahan Pasarwajo melalui berbagai kegiatan kreativitas dalam pendidikan nonformal telah memberikan dampak positif bagi masyarakat. Majelis Ta’lim Nurul Yaqin di Masjid Raya Pasarwajo menjadi wadah penting dalam memperdalam ilmu agama serta mempererat silaturahmi antarjamaah. Sementara itu, bimbingan belajar Islam memberikan kesempatan bagi berbagai kalangan untuk mempelajari ajaran Islam dengan metode yang lebih interaktif dan aplikatif. Kedua kegiatan ini menjadi sarana yang efektif dalam meningkatkan kesadaran keislaman serta memperkuat karakter berbasis nilai-nilai Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-25