Penggunaan Jurnal Harian sebagai Alat Bantu Guru dalam Memantau Perkembangan Akademik dan Non-Akademik Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Jurnal Harian, Alat Bantu, Perkembangan AkademikAbstract
Penggunaan jurnal harian sebagai alat bantu guru dalam memantau perkembangan akademik dan non-akademik siswa di sekolah dasar menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penggunaan jurnal harian sebagai alat bantu guru dalam memantau perkembangan akademik dan non-akademik siswa sekolah dasar adalah untuk mendokumentasikan proses belajar dan perilaku siswa secara sistematis, sehingga guru dapat mengevaluasi serta menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan observasi dan implementasi langsung jurnal harian dalam pembelajaran di sekolah dasar. Observasi dilakukan untuk memahami proses pembelajaran yang berlangsung sebelum penerapan jurnal harian, termasuk strategi pengajaran yang digunakan guru dan respons siswa dalam kegiatan belajar. Berdasarkan hasil kegiatan, penggunaan jurnal harian di SD Negeri 1 Kaobula efektif dalam memantau perkembangan akademik dan non-akademik siswa. Guru dapat lebih sistematis mencatat pencapaian belajar serta sikap siswa, memungkinkan intervensi tepat bagi yang mengalami kesulitan. Selain itu, jurnal harian memperkuat komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak secara menyeluruh.