Penguatan Pendidikan Islam terhadap dalam Kreatif Mahasiswa dalam Menanamkan Nilai-Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

Authors

  • Rusli Universitas Muhammadiyah Buton
  • Maudin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Meily Hasniar Kartika Hasan Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Pendidikan Islam, Kreatif Mahasiswa, Nilai-Nilai AIK

Abstract

Penguatan pendidikan Islam bagi mahasiswa tidak hanya terbatas pada aspek intelektual, tetapi juga dalam pembentukan karakter dan spiritualitas. Mahasiswa yang memiliki pemahaman Islam yang kuat akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan kehidupan dengan sikap yang bijaksana dan penuh tanggung jawab. Tujuan dari kegiatan memberikan Penguatan Pendidikan Islam terhadap dalam Kreatif Mahasiswa dalam Menanamkan Nilai-Nilai AIK. Metode yang digunakan dalam kegiatan Penguatan Pendidikan Islam dalam menanamkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) meliputi pendekatan berbasis pengalaman, diskusi interaktif, serta pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan berbasis pengalaman diterapkan melalui praktik ibadah seperti salat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, dan kegiatan sosial keagamaan yang melibatkan peserta didik secara langsung. Diskusi interaktif digunakan untuk menggali pemahaman siswa terhadap konsep-konsep AIK, memungkinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan, bertukar pendapat, serta menghubungkan materi dengan kehidupan nyata. Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran interaktif memungkinkan mahasiswa PAI Universitas Muhammadiyah Buton lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai AIK secara kritis dan aplikatif. Metode seperti diskusi dan simulasi tidak hanya memperkaya wawasan, tetapi juga melatih keterampilan berpikir dan berkolaborasi. Dengan pendekatan ini, lulusan PAI diharapkan menjadi agen perubahan yang membawa nilai-nilai Islam yang berkemajuan di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-25