Pendampingan Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Negeri 3 Tampiala

Authors

  • Haslinda Supriana Universitas Madako Tolitoli
  • Mustakim Mustakim Universitas Madako Tolitoli
  • Abd. Thalib Universitas Madako Tolitoli
  • Sri Yulinda S. Pauladji Universitas Madako Tolitoli
  • Masindah Masindah Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Belajar, Membaca, Pendampingan

Abstract

Pendampingan belajar membaca kepada siswa-siswa yang tingkat kemampuan membacanya masih rendah dalam arti belum fasih membaca dan belum bisa membaca yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Umada Angkatan XXVIII di SDN 3 Tampiala, Desa Lemba Harapan, Kecamatan Dampal Selatan, Kabupaten Tolitoli. Pendampingan ini diberikan sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan sebanyak 5 kali dengan waktu pembelajaran selama 30 menit pada setiap sesinya. Setiap siswa mendapatkan bimbingan yang sama. Pelaksaanaan pendampingan dilakukan dengan cara mengelompokkan siswa dengan kemampuannya dalam membaca dan diberi metode belajar yang berbeda. Metode dalam melakukan pendampingan belajar ini adalah dengan mengintruksikan kepada siswa untuk membaca dengan menggunakan media Flascard dan buku bacaan. Tujuan kami melakukan kegiatan pembelajaran ini adalah untuk membantu anak-anak disekolah agar kemampuan membacanya bisa meningkat. Kegiatan ini direspon sangat positif oleh kepala sekolah, wali kelas, guru, dan siswa di sekolah, dan mereka antusias mengikuti bimbingan pembelajaran dari awal hingga akhir pelaksanaan pendampingan belajar, hal ini membuat kesan baik kepada pihak sekolah terutama pada siswa yang diberi bimbingan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-20