Analisis Faktor Rendahnya Motivasi Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 9 Buton
Keywords:
Motivasi, Membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor rendahnya motivasi membaca siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 9 Buton. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas III, guru kelas III, pengelola perpustakaan, dan orang tua siswa kelas III SD Negeri 9 Buton. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan april sampai bulan mei. Teknik analisis data yang di pakai dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan faktor-faktor rendahnya motivasi membaca siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 9 Buton. Faktor penyebab rendahnya motivasi membaca yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal penyebab rendahnya motivasi membaca siswa yaitu minat dan motivasi siswa yang rendah sedangkan faktor eksternal penyebab rendahnya motivasi membaca siswa yaitu kurangnya perhatian orang tua, pengaruh TV dan HP, pengaruh teman bermain, kemampuan guru, dan sarana prasarana.