Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Keaktifan Belajar, Alat Peraga, STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga materi aku dan kebutuhanku siswa kelas IV SD Negeri 6 Lakudo Kabupaten Buton Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi keaktifan belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pada hasil prasiklus, siswa yang dikategorikan aktif sebesar 33% atau ada 6 siswa sedangkan yang tidak aktif sebesar 67% atau ada 12 siswa dari 18 siswa. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 56% atau ada 10 siswa dengan kategori aktif sedangkan yang tidak aktif sebesar 44% atau ada 8 siswa dari 18 siswa, dengan rata-rata 64,16%. Pada siklus II siswa yang dikategorikan aktif sebesar 83% atau ada 15 siswa sedangkan yang tidak aktif sebesar 17% atau ada 3 siswa dari 18 siswa. Peningkatan tersebut juga didukung hasil tes belajar siswa yaitu terjadi peningkatan tiap siklus dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,72% dan siklus II sebesar 79,16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar siswa Pada Pembelajaran IPAS.