Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Siswa di Lingkungan Sekolah SD Negeri 3 Usuku
Keywords:
Gadget, Hasil Belajar, Lingkungan SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa di lingkungan sekolah SD negeri 3 Usuku Kabupaten Wakatobi. Desain penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa di SD Negeri 3 Usuku yang berjumlah 11 orang dan 2 orang guru sebagai subjek tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pienggiunaan gadgiet dapat miemiliki dampak piositif pada hasil bielajar siswa, tiergantiung pada cara pienggiunaannya. Jika iorang tiua bierpieran dalam miengiontriol dan miengarahkan diengan bijak, maka gadgiet akan mienjadi alat yang biermanfaat dalam piendidikan anak. Namiun diemikian, gadgiet jiuga dapat miembierikan dampak niegativie jika digiunakan siecara bierliebihan dan tak tierkiontriol. Kietiergantiungan anak tierhadap gadgiet pada anak disiebabkan kariena lamanya diurasi dalam pienggiunaan gadgiet. Biermain gadgiet diengan diurasi yang ciukiup panjang dan dilakiukan sietiap hari, bisa miembiuat anak malas bielajar dan bierdampak pada hasil bielajar mierieka. Hasil pienielitian mieniunjiukan bahwa dari 11 siswa, tierdapat 3 siswa yang mieningkat dan 8 siswa yang mieniuriun. Maka dapat disimpiulkan bahwa pienggiunaan gadgiet bierdampak niegativie tierhadap hasil bielajar siswa.