Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Lamangga
Keywords:
Implementasi, Profil Belajar Pancasila, KarakterAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembentukan karakter peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Lamangga Kota Baubau. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini penulis memilih penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas IV, guru mata pelajaran pendais dan penjaskes serta peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu dengan tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Lamangga Kota Baubau telah di terapkan dengan baik berikut Enam karakter profil pelajar pancasila yang di terapkan: Karakter beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, Gotong-royong, mandiri, bernalar kritisĀ dan Kreatif. Namun karakter mandiri dan bernalar kritis masih memerlukan peningkatan.