Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Dalam Penerapan Metode Integratif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 109 Buton

Authors

  • Lisar Linda universitas muhammadiyah buton
  • Nur Dahniar Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Keterampilan, Membaca Pemahaman, Metode Integratif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas III SD Negeri 109 Buton dengan menerapkan metode integratif. Penelitian ini merupakan jenis penelitan tidakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 109 Buton yang berjumlah 8 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan metode integratif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia diperoleh nilai yang tuntas sebanyak 3 siswa (37,5%) dengan nilai rata-rata 61,25. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan perolehan nilai siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa (50%) dengan nilai rata-rata 62,5. Pada siklus II dengan perolehan data nilai siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa (87,5%) dengan nilai rata-rata 76,25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode integratif dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 109 Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01