Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Audio Visual Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Numbered Head Together, Media Audio VisualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA melalui model kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan media audio visual siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan pada tiap siklusnya terdiri dari 4 komponen, yaitu perencanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Waha Kabupaten Wakatobi yang berjumlah 25 orang. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA tema 1 materi organ gerak hewan di kelas V SD Negeri 1 Waha. Perolehan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Dari keseluruhan jumlah siswa kelas V sebanyak 25 orang, siswa yang memperoleh nilai ≥75 atau memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada siklus I sebanyak 18 orang, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88%.