Analisis Tingkat Kesukaran Butir Soal Ulangan Akhir Semester Pelajaran PKn Kelas V di SD Negeri Tomba

Authors

  • Rista Meizahra Universitas Muhammadiyah Buton
  • Gawise Gawise Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Tingkat Kesukaran, Kualitas Soal, PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tingkat kesukaran butir soal ulangan akhir semester pelajaran PKn kelas V di SD Negeri Tomba. Pendekatan yang digunakan yakni menggunakan pendekatan kuantitatif dimana dalam menganalisis. Analisis tingkat kesukaran butir soal dilakukan dengan menggunakan bantuan software. Data yang digunakan diperoleh melalui teknik dokumentasi berupa butir soal Ulangan Akhir Semester Ganjil di SD Negeri Tomba khususnya pada kelas V tahun ajaran 2023/2024, kunci jawaban, dan lembar kerja siswa. Butir soal yang digunakan terdiri dari 25 soal pilihan ganda dan 5 soal isian beserta 38 lembar kerja siswa.  Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Hasil analisis tingkat kesukaran butir soal Ulangan Akhir Semester Ganjil tahun ajaran 2023/2024 pelajaran PKn kelas V di SD Negeri Tomba ditemukan bahwa dari 30 butir soal terdapat 12 butir soal berkategori mudah (40%), 17 butir soal berkategori sedang (57%), dan 1 butir soal berkategori sukar (3%). Dari persentase tingkat kesukaran butir soal yang telah dianalisis, soal yang digunakan sebagai bahan evaluasi pembelajaran PKn di SD Negeri Tomba dapat dikatakan kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01