Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Bergambar pada Siswa Kelas I SD Negeri I Tongali
Keywords:
Kemampuan Membaca, Membaca Permulaan, Kartu Huruf BergambarAbstract
Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu huruf bergambar pada siswa kelas I SD Negeri I Tongali. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelasa (PTK) dengan model Spiral Menurut Stephen Kemmis dan Mc Tagart yang dilakukan dengan dua siklus, dimana setiap siklus terbagi atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas I sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan menyebutkan lambang bunyi huruf fokal sebanyak 37 poin, menyebutkan lambang bunyi huruf konsonan sebanyak 36 poin, membaca kata berpola sebanyak 31 poin, membaca kata sebanyak 28 poin, dan membaca kalimat sebanyak 22 poin sehingga rata-rata pencapaian kemampuan membaca permulaan pada siklus I yaitu 64%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dimana kemampuan menyebutkan lambang bunyi huruf fokal sebanyak 45 poin, menyebutkan lambang bunyi huruf konsonan sebanyak 45 poin, membaca kata berpola sebanyak 45 poin, membaca kata sebanyak 40 poin, dan membaca kalimat sebanyak 35 poin. Dengan hasil tersebut dapat diperoleh rata-rata pencapaian kemampuan membaca permulaan pada siklus II yaitu 95%.