Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Reni Regina Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hijrawatil Aswat

Keywords:

Efektifitas, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 3 Katobengke yang berjumlah 24 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest one group design. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest   siswa sebesar 49,37 nilai rata-rata posttest siswa sebesar 73,54. Hasil uji normalitas nilai sig pretest sebesar 0,041 maka data berdistribusi normal, nilai sig posttest sebesar 0.032 berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas nilai sig 0,630 lebih besar dari nilai α 0,05 sehingga data penelitian homogen. Uji Paired Samples Test diperoleh nilai sig 0.000<0.05 artinya berdasarkan pengambilan keputusan uji paired samples test bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan uji t Dimana nilai thitung sebesar 10,574 ttabel 1,714 df=23. Kesimpulan, thitung>ttabel yaitu 10,574>1,714 artinya bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap hasil belajar IPA siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01