Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Belajar Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Audio VisualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V C SD Negeri 4 Baubau melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri 4 Baubau semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan, pada setiap siklusnya terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan evaluasi. Instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Indikator keberhasilan penelitian yaitu 80% dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS pada Tema 5 Subtema 2 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual. Sebelum melakukan tindakan 8 siswa mencapai ketuntasan (40%) dan 12 siswa yang belum mencapai ketuntasan (60%). Setelah dilakukan tindakan siklus 1 siswa yang mencapai ketuntasan 13 siswa (65%) dan belum tuntas 7 siswa (35%). Setelah tindakan siklus II siswa tuntas belajar 17 siswa (85%) dan belum tuntas 3 siswa (15%).