Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas V SDN 5 Buton

Authors

  • Noer Kholifa Universitas Muhammadiyah Buton
  • Didin Adri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rimayasi Rimayasi

Keywords:

Matematika Realistik, Hasil Belajar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan pendekatan matematika realistik di kelas V SD Negeri 5 Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas V SD Negeri 5 Buton pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pemberian tes dan teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pretest, siklus I, dan siklus II diperoleh hasil ini untuk menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar, yakni hasil tes pada tahap pretest terdapat 5 siswa yang tuntas (29%) dan 12 siswa yang tidak tuntas (71%). Hasil belajar siswa pada siklus I ada 7 siswa yang tuntas (41%) dan 10 siswa yang tidak tuntas (59%), dan pada hasil belajar siswa pada siklus II yang tuntas 15 siswa (88%) dan yang tidak tuntas ada 2 siswa (12%). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V SD Negeri 5 Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01