Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Batuatas

Authors

  • Siti Nur Aulia Univeristas muhammadiyah buton

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Materi Cara-cara menghadapi bencana alam murid kelas VI SD Negeri 1 Batuatas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kurt Lewin maka penelitian ini terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi, refleksi. Jenis penelitian yang dilakukan penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah murid kelas VI yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, berjumlah 34 murid terdiri 20 murid perempuan dan 14 murid laki-laki. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi terhadap hasil belajar siswa dan teknik tes tertulis. Analisis data yang dilakukan menggunakan rumus persentase untuk menghitung nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan persentase hasil belajar siswa siklus I adalah 61,7% (kategori baik), sedangkan persentase hasil belajar siklus II adalah 79,4% (kategori sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 1 Batuatas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01