Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Muhrani M Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Numbered Head Together

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 1 Molona. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Clasroom Action Research dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan dua siklus, yang dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Matematika di kelas III SD Negeri 1 Molona dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa berupa nilai rata-rata kelas III SD Negeri 1 Molona pada pra siklus sebesar 54,43 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 37,5%. Kemudian meningkat pada hasil belajar Siklus I dan Siklus II dengan nilai rata-rata kelas III SD Negeri 1 Molana yaitu siklus I menjadi 68,75% ketuntasan belajar siswa 56,25% dan siklus II menjadi 84,37 ketuntasan belajar siswa 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01