Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran RADEC terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Kemampuan Berpikir, Model Pembelajaran, RADECAbstract
Permasalahan atau tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran RADEC dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment, dengan desain penelitian nonequevalent control group design. menggunakan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui uji paired t-test pada kelompok eksperimen diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran RADEC. Pada kelompok kontrol memperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,104 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan tidak ada perbedaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Adapun pada uji independent sample t-test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan model pembelajaran RADEC dibandingkan model pembelajaran konvensional.