Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Crossword PuzzleAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 9 Talaga Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Subyek penelitian ini adalah siswa VB sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 34 siswa mengunakan media crossword puzzle sedangkan kelas VA dengan 32 siswa di pilih sebagai kelas kontrol dengan mengunakan model pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Dengan uji analis data mengunakan uji persyaratan analisis yang di mana ada uji normalitas,homogenitas dan uji t independent. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwasanya di peroleh data uji iindependen sampel test yaitu nilai sig ( 2-tailed) ,009 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa HO ditolak dan H1 di terima sehingga ada pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS mengunakan media pembelajaran crossword puzzle dengan respon angket kepuasaan siswa sebesar 85% dengan kategori sangat puas. Hal ini tunjukan pada perbedaan nilai rata-rata pretest ekperimen 83.13 lebih besar di bandingkan pretest kontrol sebesar 71.88.