Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Pelajaran Pkn di Sekolah Dasar

Authors

  • Anita Andriani Arifin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Ular Tangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran ular tangga pada Pelajaran PKn di kelas IV SDN 3 Wameo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas IV SDN 3 Wameo yang berjumlah 18 siswa, 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa siklus I yakni 13 siswa (72%) mencapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), 5 siswa (28%) belum mencapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) nilai rata-rata siswa 75. Walaupun demikian, ketuntasan klasikal siswa sebesar 72% sehingga penelitian ini harus dilanjutkan pada tahap siklus II. Siklus II dilaksanakan, hasil belajar siswa yakni 16 siswa (89%) mencapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), 2 siswa (11%) belum mencapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), nilai rata-rata siswa 87. Siklus II dilaksanakan hasilnya meningkat dibandingkan siklus I, peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan siklus II sebesar 17%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran PKn.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01