Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi Akademik di Kelas Tinggi pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bungi

Authors

  • Syahda Melsyah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Yurfiah Yurfiah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Safiuddin Safiuddin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Gaya Belajar, Berprestasi, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dan kecenderungan gaya belajar yang digunakan oleh peserta didik berprestasi akademik. Subjek penelitian ini adalah enam siswa berprestasi akademik dan guru kelas V SD Negeri 2 Bungi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik berprestasi akademik di kelas V SD Negeri 2 Bungi merupakan kombinasi gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dan memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda dari setiap siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis gaya belajar peserta didik berprestasi akademik yang menunjukkan bahwa dari enam siswa berprestasi akademik yang menjadi subjek penelitian menunjukkan gaya belajar kombinasi. Namun, gaya belajar yang digunakan memiliki kecenderungan yang berbeda dari masing-masing siswa. Terdapat dua siswa yang dominan ke gaya belajar visual-auditori, dua siswa dominan ke gaya belajar visual, satu siswa dominan ke gaya belajar auditori, dan satu siswa gaya belajarnya dominan ke gaya belajar kinestetik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01