Main Article Content
Abstract
Guru pendidikan agama islam memiliki peran krusial dalam menanggapi dan mengatasi krisis moral. Mereka diharapkan mampu mengembangkan strategi yang efektif dalam menghadapi dinamika perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi krisis moral di SMAN 1 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah dua guru agama islam dan satu kepala sekolah dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian field research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk krisis moral di SMAN 1 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna seperti bolos, bulliying, kurang menghormati guru, merokok, dan perkelahian. 2) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi krisis moral peserta didik di SMAN 1 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna yaitu: a) Menanamkan Pendidikan Karakter b) Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi c) Strategi Ceramah d) Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatakan Iman dan Takwa e) Kerjasama dengan Orang Tua.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Al Yakin, Muhammad Ridwan, Safaruddin Yahya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Abdul Mujib. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.
- Abuddin Nata. (2009). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana.
- Administrasi Pendidikan, M., & Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Hamka, S. (2022). Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah Yenny Anggraini . 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3963
- Anshori, S. (n.d.). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.
- Arniah, A., Rifa’I, A., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8626–8634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3843
- Burhan Nudin, K., Nudin, B., Kaliurang NoKm, J., Ngemplak, K., & Sleman, K. (2020). Konsep Pendidikan Islam pada Remaja: Vol. XI (Issue 1). www.ejournal.almaata.ac.id/literasi
- Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621
- Elawati Dewi, D. H. M. A. S. (2022). Peran Pendidikan Akhlak Dalam Penanggulangan Krisis Moralitas Sosial Di Era Globalisasi. Research & Learning in Primary Education, 4(1), 214–222.
- Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (n.d.). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa.
- Faiz, A. (n.d.). Peran Guru dalam Pendidikan Moral Dan Karakter.
- Hamdan, Nuzli, M., Rahma, S., Chaniago, F., & Norma Sampoerna, Mohd. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244–261. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7309
- Marwiyah. (2015). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, . Aksara Timur.
- Masjkur, M. (2018). AT-TUHFAH. In Jurnal Keislaman (Vol. 7, Issue 1).
- Mewar, M. R. A. (2021a). Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.47
- Mewar, M. R. A. (2021b). Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.47
- Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
- Saleh, R. (2022). Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 24–33. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.70
- Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945
- Sholihin, M. F., Saputri Tini Hakim, M., & Zaenul Fitri, A. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 168–184. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8036
- Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, J., Sabran SMP Negeri, M., & Kabupaten Wajo, S. (n.d.). Budaya Sipakalebbi Mencegah Krisis Moral Anak Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0. 2(1), 2021. https://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/login
- Syamsu S. (2011). Strategi Pembelajaran Upaya Mengefektifkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. LPK-STAIN PALOPO.
References
Abdul Mujib. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.
Abuddin Nata. (2009). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana.
Administrasi Pendidikan, M., & Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Hamka, S. (2022). Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah Yenny Anggraini . 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3963
Anshori, S. (n.d.). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.
Arniah, A., Rifa’I, A., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8626–8634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3843
Burhan Nudin, K., Nudin, B., Kaliurang NoKm, J., Ngemplak, K., & Sleman, K. (2020). Konsep Pendidikan Islam pada Remaja: Vol. XI (Issue 1). www.ejournal.almaata.ac.id/literasi
Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621
Elawati Dewi, D. H. M. A. S. (2022). Peran Pendidikan Akhlak Dalam Penanggulangan Krisis Moralitas Sosial Di Era Globalisasi. Research & Learning in Primary Education, 4(1), 214–222.
Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (n.d.). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa.
Faiz, A. (n.d.). Peran Guru dalam Pendidikan Moral Dan Karakter.
Hamdan, Nuzli, M., Rahma, S., Chaniago, F., & Norma Sampoerna, Mohd. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244–261. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7309
Marwiyah. (2015). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, . Aksara Timur.
Masjkur, M. (2018). AT-TUHFAH. In Jurnal Keislaman (Vol. 7, Issue 1).
Mewar, M. R. A. (2021a). Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.47
Mewar, M. R. A. (2021b). Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.47
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
Saleh, R. (2022). Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 24–33. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.70
Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945
Sholihin, M. F., Saputri Tini Hakim, M., & Zaenul Fitri, A. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 168–184. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8036
Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, J., Sabran SMP Negeri, M., & Kabupaten Wajo, S. (n.d.). Budaya Sipakalebbi Mencegah Krisis Moral Anak Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0. 2(1), 2021. https://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/login
Syamsu S. (2011). Strategi Pembelajaran Upaya Mengefektifkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. LPK-STAIN PALOPO.