Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan negosiasi yang dilakukan oleh PT. Rahayu Reksa dalam mengoptimalkan penjualan Perumahan Pondok Islami Mega Ayu di Samarinda. Alasan penelitian ini adalah karena tingginya persaingan bisnis properti dan sulitnya masyarakat memiliki tempat tinggal. Penelitian ini menggunakan teori negosiasi, komunikasi, dan pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu informan kunci, informan utama, dan informan tambahan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa teknik negosiasi memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli rumah. Ada berbagai faktor yang memengaruhi pneningkatan penjualan yaitu kemampuan komunikasi yang dimiliki seller, kemampuan negosiasi, pemahaman mendalam terhadap kebutuhan calon pelanggan dengan memainkan peran kursial dan kemampuan menciptakan hubungan yang baik antara pihak penjual dan calon pelanggan sehingga berdampak positif terhadap proses negosiasi. Dengan memahami dinamika negosiasi dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian, pengembang perumahan dapat meningktakan efektivitas penjualan mereka serta membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Implikasi pada penelitian yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi praktisi bisnis pada bidang properti guna meningkatkan strategi penjualan mereka melalui pengoptimalan kegiatan negosiasi yang menjadi salah satu strategi pemasaran.

Keywords

Negotiation Sales Pondok Islami Mega Ayu Housing

Article Details

How to Cite
Muhammad Heldy Izmatullah, & Hairunnisa. (2024). Analisis Kegiatan Negoisasi Untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan Pondok Islami Mega Ayu. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(2), 504–516. Retrieved from http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Pencerah/article/view/5098

References

  1. Abdullah, T. &. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada Dharmmesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
  2. Dharmmesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. .
  3. Febri, M. J. (2017). Pengaruh Salesmanship Terhadap PenjualanDi Pt.Miilenium PenataFutures Pekanbaru. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
  4. Firmansyah. (2020). Komunikasi Pemasaran. Qiara Media.
  5. Hamdani, Y. R. (2015). Kemampuan Negosiasi Pengusaha dalam Meningkatkan Kesepakatan Bisnis. Mimbar, 21-30.
  6. Handayani, S. (2021). Negosiasi Ruang berdasarkan Aktivitas Pengguna pada Rumah Industri di Kampung Siti Ambia, Singkil (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
  7. Hulu, R. D. (2023). Pentingnya Teknik Lobi Dan Negosiasi Dalam Komunikasi Bisnis. JEBIMAN: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Managemendan Akuntansi, 567- 574.
  8. Hurriyati, R. (2018). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
  9. Irawan, A. (. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Program Studi (Studi pada Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Bisnis di Politeknik Negeri Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen.
  10. Irfan, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Rumah Terhadap Penigkatan Volume Penjualan Pada PT. Clarimond Astro Makassar. YUME: Journal of Management, 4(2).
  11. Julitawaty, W. W. (2020). Pengaruh personal selling dan promosi penjualan terhadap efektifitas penjualan ban sepeda motor pt. Mega anugrah mandiri. Jurnal Bisnis Kolega.
  12. Kotler, P. d. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta.
  13. Mellisa, D. &. (2020). Teks Negosiasi. Guepedia.
  14. Musman, A. (2020). Sukses Negosiasi Siapa Saja Dimana Saja. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
  15. Nurhadi, M. M. (2023). Penyelesaian Sengketa Pasar Modal Melalui Negosiasi. Muamalat:Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah, 59-72.
  16. Purwasih, N. (2016). Pembelajaran Me Mproduksi Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Metode SugestopediaPada Siswa Kelas X Sma Kartika Xix-1 Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).
  17. Rouddah, K. N., Barkah, C. S., & Novel, N. J. A. (2021). Analisis Negosiasi Bisnis Perusahaan Trading dengan Pengepul Kopi Toraja (Studi Pada PT. Danapati Prakasa Sentosa). Jurnal Bisnis Strategi, 30(1), 47-53.
  18. Susanto, R., Gusnawaty, G., & Abbas, A. (2021). Pola Tuturan Negosiasi Penjual Sebagai Upaya Meraih Minat Pembeli. Al-MUNZIR, 14(1), 125-136.
  19. Tinambunan, T. M., & Siahaan, C. (2022). Implementasi Teknik Lobi Dan Negosiasi Yang Efektif Dalam Melakukan Bisnis. Massive: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 55-67.
  20. Utami, F.I.D. (2017). Efektivitas komunikasi negosiasi dalam Bisnis. Komunike, 9(2), 105-122.