Main Article Content

Abstract

Pencapaian kinerja pelayanan public yang berkualitas di era reformasi birokrasi mengalami kendala diantaranya sulitnya merubah karakteristik internal perilaku pegawai.Dengan demikian organisasi public perlu memperhatikan factor yang berpengaruh terhadap perilaku pegawai dalam melayani public seperti motivasi instrinsik perasaan bahagia dalam bekerja yang menumbuhkan pegawai berperilaku inovatif.  Penelitian ini bertujuan menguji peran perilaku inovatif dalam memediasi pengaruh kebahagiaan di tempat kerja terhadap kinerja pegawai pelayanan publik .Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas yang menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.Data untuk penelitian ini dikumpulkan dari sumber primer,dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada ASN yang sedang menempuh studi Paska Sarjana di sebuah PTS di Yogya. Penelitian ini menggunakan pendekatan SEM untuk menganalisis data menggunakan SmartPLS3 guna menguji inner model mapun outer model.Hasil penelitian membuktikan bahwa kebahagiaan di tempat kerja berpengaruh positif  signifikan terhadap perilaku inovatif dan kinerja pegawai pelayanan publik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kebahagiaan di tempat kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai pelayanan publik yang dimediasi perilaku inovatif. Implikasi penelitian untuk meningkatkan kinerja pelayanan public hendaknya pemerintah lebih memperhatikan lingkungan pekerjaan agar pegawai lebih bahagia sehingga mendorong pegawai berperilaku inovatif.

Keywords

Kinerja Pelayanan Public Kebahagiaan Tempat Kerja Perilaku Inovatif

Article Details

How to Cite
Sofiati, Linawati, Sutrischastini, A., Gusti, Y. K., Widyayanti, E. R., & Insiatiningsih. (2024). Pengaruh Kebahagiaan di Tempat Kerja Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Dimediasi Perilaku Inovatif. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(2), 440–451. Retrieved from http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Pencerah/article/view/4880

References

  1. Abdullah, A. G. K., & Ling, Y.-L. (2016). The Mediating Role Of Workplace Happiness On Teachers’ Innovative Behavior And Affective Commitment For Malaysian Secondary Schools: A Cross-Sectional Questionnaire Survey. Teacher Education And Curriculum Studies, 1(1).
  2. Al-Hawari, M. A., Bani-Melhem, S., & Shamsudin, F. M. (2019). Determinants of frontline employee service innovative behavior: The moderating role of co-worker socializing and service climate. Management Research Review, 42(9). https://doi.org/10.1108/MRR-07-2018-0266
  3. Atkinson, C., & Hall, L. (2011). Flexible working and happiness in the NHS. Employee Relations, 33(2). https://doi.org/10.1108/01425451111096659
  4. Azamela, J. C., Tang, Z., Owusu, A., Egala, S. B., & Bruce, E. (2022). The Impact of Institutional Creativity and Innovation Capability on Innovation Performance of Public Sector Organizations in Ghana. Sustainability (Switzerland), 14(3). https://doi.org/10.3390/su14031378
  5. Bani-Melhem, S., Al-Hawari, M. A., & Quratulain, S. (2020). Leader-member exchange and frontline employees’ innovative behaviors: the roles of employee happiness and service climate. International Journal of Productivity and Performance Management. https://doi.org/10.1108/IJPPM-03-2020-0092
  6. Brief, A. P., & Weiss, H. M. (2017). Organizational Behavior : Affect in the Workplace O RGANIZATIONAL B EHAVIOR : Affect in the Workplace. February 2002. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.53.100901.135156
  7. Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika. In Universitas Diponegoro.
  8. Hadi, S., Putra, A. R., & Mardikaningsih, R. (2020). Pengaruh Perilaku Inovatif Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Baruna Horizon, 3(1), 186–197. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i1.38
  9. Hidayat, A. S., Setiawan, Y., Alwi, M., & Nurdiana, E. (2018). Peran Perilaku Inovatif Sebagai Variabel Intervening antara Knowledge Creation dan Keunggulan Bersaing. Jurnal Ecodemica, 2(2).
  10. Ida Sinaga, A. T., Lumbanraja, P., Sadalia, I., & Silalahi, A. S. (2021). The Influence of Affective Commitment on the Employees Innovative Work Behavior. https://doi.org/10.5220/0009327305960601
  11. Inayati88, R. (2020). PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BIAK NUMFOR. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 15(1). https://doi.org/10.52049/gemakampus.v15i1.103
  12. Jamiluddin. (2014). Optimalisasi Pelayanan Publik Dengan Penggunaan Teknologi Informasi Menuju Cybercity. Administration Journal.
  13. Mayendry, T., B. Dunggio, M. R., Rahmatika, S., A’yun, Q., & Mubarok, H. S. (2020). PENGEMBANGAN ALAT UKUR KEBAHAGIAAN KERJA. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 6(2). https://doi.org/10.15548/atj.v6i2.1957
  14. Mubarak, N., Khan, J., Yasmin, R., & Osmadi, A. (2021). The impact of a proactive personality on innovative work behavior: the role of work engagement and transformational leadership. Leadership and Organization Development Journal, 42(7). https://doi.org/10.1108/LODJ-11-2020-0518
  15. Muzayanah, H. A., & . A. R. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Pada Komitmen Guru Akan Perubahan Dan Kebahagiaan Kerja Sebagai Variabel Mediator. MOTIVA JURNAL PSIKOLOGI, 1(2). https://doi.org/10.31293/mv.v1i2.3948
  16. Ningrum, W. R., & Abdullah, S. M. (2021). Tinjauan Literatur: Perilaku Inovatif Pada Guru. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi UMBY.
  17. Noor, I. R. J. (2019). Efektivitas Kerja Pegawai Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang. EJournal Ilmu Pemerintahan, 7(4).
  18. Nurjaman, K., Marta, M. S., Eliyana, A., Kurniasari, D., & Kurniasari, D. (2019). Proactive work behavior and innovative work behavior: Moderating effect of job characteristics. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(6). https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7663
  19. Orywika, M. F. (2021). Pengaruh Penerapan Online Single Submission (Oss) Terhadap Perilaku Birokrasi Dan Pelaku Usaha Serta Dampaknya Bagi Percepatan Investasi Di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Adhikari, 1(2).
  20. Prayudhayanti, B. N. (2014). Peningkatan Perilaku Inovatif Melalui Budaya Organisasi. Jurnal Ekobis, 15(2).
  21. Purwanto, A., Asbari, M., Prameswari, M., Ramdan, M., & Setiawan, S. (2020). Dampak Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Perilaku Kerja Inovatif Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(01). https://doi.org/10.33221/jikm.v9i01.473
  22. Queyroi, Y., Carassus, D., Maurel, C., Favoreu, C., & Marin, P. (2022). Local public innovation: an analysis of its perceived impacts on public performance. International Review of Administrative Sciences, 88(2). https://doi.org/10.1177/0020852320963214
  23. Reid, E. (2018). Happiness and resilience in the NHS. Journal of Surgical Simulation, 5. https://doi.org/10.1102/2051-7726.2018.a003
  24. Rozikin, M., Hesty, W., & Sulikah, S. (2020). Kolaborasi dan E-Literacy: Kunci Keberhasilan Inovasi E-Government Pemerintah Daerah. Jurnal Borneo Administrator, 16(1). https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.603
  25. Sidabalok, S. Y., & Sayekti, A. (2021). Pengaruh Kebahagiaan dan Manajemen Stres terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap (Studi kasus di RSUD dr. Djasamen Pematangsiantar Sumatera Utara). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1). https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.26608
  26. Soebardi, R. (2020). Perilaku inovatif. Jurnal Psikologi Ulayat, 1(1). https://doi.org/10.24854/jpu4
  27. Sofiati, Sutrischastini, A., Linawati, Kurnia Gusti, Y., & Rosalina Widyayanti, E. (2024). Perilaku Inovatif Pelaku Usaha: Mampukah Memediasi Pengaruh Kebahagiaan Kerja Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Di Umbulhardjo Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 11(1), 12–26. https://doi.org/10.32477/jrm.v11i1.841
  28. Syarifi. (2019). Hubungan Antara Kebahagiaan Di Tempat Kerja Dengan Kinerja Karyawan Kfc Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4). https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26508
  29. Taranowski, C. J. (2011). A Review of: “Pryce-Jones, J. (2010). Happiness at Work, Maximizing Your Psychological Capital for Success. ” . Journal of Workplace Behavioral Health, 26(3). https://doi.org/10.1080/15555240.2011.589756
  30. Wibowo, A. A., & Kertati, I. (2022). REFORMASI BIROKRASI DAN PELAYANAN PUBLIK. Public Service and Governance Journal, 3(01). https://doi.org/10.56444/psgj.v3i01.2785
  31. Wok, S., & Hashim, J. (2015). The Moderating Effect of Employee Relations on Networking Towards Workplace Happiness among Married Women in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.039
  32. Wulandri, D., & Batubara, M. (2021). Interpretative Phenomenological Analysis: Kebahagiaan di Tempat Kerja pada Karyawan di Divisi Sumber Daya Manusia. Indonesian Psychological Research, 4(1). https://doi.org/10.29080/ipr.v4i1.651
  33. Yadava, A. K., & Neog, Y. (2022). Public Sector Performance and Efficiency Assessment of Indian States. Global Business Review, 23(2). https://doi.org/10.1177/0972150919862664
  34. Yang, K., & Holzer, M. (2006). The performance-trust link: Implications for performance measurement. Public Administration Review, 66(1). https://doi.org/10.1111/j.1540-6210.2006.00560.x
  35. Yasa, N. N. K. (2021). Peran perilaku inovatif dan komitmen organisasional memediasi pengaruh kebahagiaan kerja terhadap kinerja karyawan. 11(2), 258–273.
  36. Yasa, N. N. K., Rahmayanti, P. L. D., Widani, I. A. P., Sugianingrat, Dharmanegara, I. B. A., & Suharto, R. B. (2021). Peran perilaku inovatif dan komitmen organisasional memediasi pengaruh kebahagiaan kerja terhadap kinerja karyawan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2).
  37. Yullyanti, E. (2011). Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai (. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 16(3), 10. https://doi.org/10.20476/jbb.v16i3.615
  38. Zhang, J., Li, H., & Yang, K. (2022). A Meta-Analysis of the Government Performance—Trust Link: Taking Cultural and Methodological Factors into Account. Public Administration Review, 82(1). https://doi.org/10.1111/puar.13439