Main Article Content

Abstract

Dalam bisnis harus terdapat strategi pemasaran yang terencana agar target pasar tepat sasaran. Penelitian ini dilatarbelakangi pada persiapan untuk menghadapi persaingan, sehingga perlu adanya strategi marketing yang efisien guna menaikan penjualan. Fokus riset dalam marketing strategy yang diterapkan Duta Unggas guna menaikan penjualan saat era pandemi Covid-19 serta faktor yang mendukung maupun menghambat strategi pemasaran di Duta Unggas di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami relasi diantara bauran pemasaran (marketing mix) terhadap kesuksesan penjualan telur ayam serta supaya memahami variabel pada bauran pemasaran yang dominan dalam penjualan telur ayam. Metode pengambilan sampel menggunakan study kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah faktor produk, harga, tempat, promosi dan orang merupakan faktor penting dalam meningkatkan penjualan produk telur Duta Unggas.

Keywords

Covid-19 Penjualan Strategi Pemasaran Telur

Article Details

How to Cite
Kurniawan, F. D., & Budiman, A. (2022). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pendemi Covid-19 pada UMKM Duta Unggas Blitar. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(4), 1175–1187. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i4.2761

References

  1. Adhaghassani, F. S. (2016). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) di Cherryka Bakery. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, Marketing Mix, 1–10.
  2. Ahyuna, Hamzah, M. D., & HM, M. N. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 30–40. http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/346
  3. Anwar, I., & Satrio, Budhi. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4.
  4. Bakhtra, D. D. A., Rusdi, & Mardinah, A. (2016). Experiments on intra-ocular hyaluronidase administration. Jurnal Farmasi Higea, 8(2), 143–150.
  5. Daryanto, A. (2018). Dinamika Daya Saing Industri Peternakan. IPB Press.
  6. Febrina, S. F., & GS, A. D. (2017). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada. Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 2(2), 2019–2068. http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb
  7. Fristiana, D. A. (2012). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang Dessy. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2012.839
  8. Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi [Examination of the Validity of Qualitative Research Data on Thesis]. Ilmu Pendidikan, 22(1), 21–22.
  9. Hardani, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
  10. Hidayati, N. & K. (2017). Upaya Institusi Sosial dalam Menanggulangi Pengemis Anak di Kota Banda Aceh (Studi terhadap Institusi Formal Dinas Sosial dan Tenaga Kerja di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(November), 181–191. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/2700
  11. Manampiring, A. F., & Trang, I. (n.d.). Pengaruh Produk , Harga , Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan. 4(1), 472–483.
  12. Manengal, C. D. (2015). The Effect of Service Quality, Quality Product and Pricing on Purchase Decision. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(3), 1254–1264.
  13. Musa, M. I. (2017). Pengaruh Esensi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Jurnal EconomixEconomix, 5(2), 58–69.
  14. Ni’matuzahroh dan Susanti Prasetyaningrum. (2018). Observasi: Teori dan Aplikasi Dalam Psikologi (Pertama). UMM Press.
  15. Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.
  16. Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574
  17. Pratiwi, nuning. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.
  18. Priyono, S. ibad; R. A. A. (2018). pengaruh Bauran Pemasaran Jasa (Product, Price, Place, Promotion, Process, People, and Physical Evidence ) terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Pada Jasa Transportasi CV King Tour And Trave). E – Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN, 7(2), 167–179. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/867
  19. Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
  20. Selang, C. A. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1374
  21. Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasabah. PRENADAMEDIA GROUP.
  22. Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data. INA-Rxiv, 1–22. https://osf.io/preprints/inarxiv/3w6qs/
  23. Tumbuan, W., & Senaen, Lady. (2015). Pengaruh People, Proses, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 345–356.
  24. Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 136–146. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/3407/pdf
  25. Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 1–17.
  26. Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.
  27. Windo Chandra Siahaan. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Perusahan Terbatas OPPO Indonesia dalam Meningkatkan Citra Smartphone OPPO. Jurnal Perspektif, 6(1), 9–10. http://ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/article/view/2539
  28. Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Deepublish.