PEDOMAN PENULISAN

PETUNJUK PENGAJUAN ARTIKEL

Pengajuan Artikel Online
 Sudah memiliki Username/Password untuk Sang Pencerah: Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton?
 
Membutuhkan Username/Password?
 
Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan Artikel secara online dan untuk memeriksa status Submit Artikel anda saat ini.

Pedoman Bagi Penulis

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia.
  2. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word pada kertas A4, sekitar 6.000-7.000 kata dalam Book Antiqua ukuran 11 poin dan 1,0 ruang.
  3. Sistem penulisan untuk hasil penelitian terdiri dari:

Judul

 Judul tidak boleh melebihi 14 kata; harus jelas, singkat, dan informatif. Hindari penyingkatan Judul.

Nama penulis

Nama penulis ditulis tanpa gelar akademis, diikuti oleh nama lembaga penulis, yang terletak di bawah judul artikel. Dalam hal manuskrip ditulis oleh tim, editor hanya berhubungan dengan penulis utama atau yang disebutkan pertama. Penulis utama harus memasukkan alamat korespondensi atau emailnya.

Abstrak dengan kata kunci

Panjang abstrak sekitar 70-100 kata, sedangkan batas kata kunci adalah 3-5 kata. Abstrak memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian.

Pendahuluan

Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum dan pertanyaan atau hipotesis penelitian. Jika ada tinjauan pustaka, itu bisa dimasukkan dalam bab ini. Tujuan penelitian harus ditulis pada akhir pendahuluan.

Metode Penelitian

Metode penelitian harus menguraikan metode yang digunakan dalam mengatasi masalah termasuk metode analisis. Ini harus berisi rincian yang cukup memungkinkan pembaca untuk mengevaluasi kesesuaian metode serta keandalan dan validitas temuan.

Hasil Penelitian

Penulis harus menjelaskan hasil penelitian (apa yang ditemukan) secara rinci.

Diskusi/ Pembahasan

Bagian hasil penelitian dan diskusi berisi hasil temuan penelitian dan diskusi berikutnya. Temuan yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan harus ditulis dengan dukungan tambahan dari data yang memadai. Hasil dan temuan penelitian harus dapat menyelesaikan atau memberikan penjelasan untuk pertanyaan yang dinyatakan dalam pendahuluan.

Kesimpulan

Pernyataan penutup harus berisi ringkasan dan saran. Ringkasan tersebut harus mencontohkan jawaban yang diberikan untuk hipotesis dan / atau tujuan penelitian atau temuan yang diperoleh. Ringkasan tidak boleh berisi pengulangan hasil penelitian dan diskusi, dan sebagai gantinya harus berisi ringkasan hasil penelitian dan temuan seperti yang diharapkan dalam tujuan penelitian atau hipotesis. Saran harus menyajikan hal-hal yang selanjutnya akan dilakukan sehubungan dengan konsep penelitian selanjutnya. Kesimpulan dibuat pernyataan dalam bentuk paragraf, hindari pencantuman point-point kesimpulan.

Referensi

Semua referensi yang dikutip dalam teks artikel harus ditulis di bagian daftar pustaka. Ini harus mencakup referensi yang diperoleh dari sumber primer (terdiri dari jurnal ilmiah sebesar 80% dari seluruh bibliografi) yang telah diterbitkan dalam 10 (sepuluh) tahun terakhir. 20% sisanya dapat mencakup artikel penelitian atau laporan penelitian (tesis, buku, dan publikasi terkait lainnya).

  1. Naskah harus diserahkan langsung ke laman Sang Pencerah: Jurnal ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton dengan membuat akun pengguna sebagai penulis.
  2. Tabel dan angka harus memiliki judul dan memiliki jumlah dan sumber yang jelas, dan diketik dalam satu ruang. Gambar, tabel, bagan atau diagram yang tercantum harus dalam format hitam putih.
  3. Daftar referensi hanya berisi sumber rujukan, dan semua sumber rujukan harus disebutkan dalam daftar. Sumber referensi terdiri dari, setidaknya, 80% literatur diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Sumber referensi dalam bentuk artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk tesis sarjana, tesis master, disertasi, buku, dan publikasi terkait lainnya).
  4. Semua referensi yang disebutkan harus ditulis dalam referensi menggunakan gaya American Psychological Association (APA) dan disusun secara abjad (dari A hingga Z).
  5. Periksa setiap artikel yang dirujuk untuk keakuratan dan pastikan setiap karya yang dikutip dalam artikel tersebut ditulis dalam Referensi. Karya-karya yang tidak dikutip tetapi disebutkan dalam Referensi akan dihilangkan oleh editor.
Buku
Anderson, B. (1983). Imagined Communities. London: Verso.
Buku Antologi
Smith, F. M., & Jones, W. (2004). The college student. In C. Wood & M. Meyer (Eds.), Cross-cultural education (pp. 75-105). London, Canada: MacMillan.
Artikel Jurnal
Lee, K. (2004). Reading and learning strategies: Recommendations for the 21st century. Journal of Developmental Education, 28(2), 2-15.
Artikel Jurnal dengan DOI
Kusumaningrum, D. (2016). Interdependence versus truth and justice: lessons from reconciliation processes in Maluku Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 20(1), 15. doi: 10.22146/jsp.17998 Smith, G. (2012). Barthes on Jamie: myth and the tv revolutionary. Journal of Media Practice, 13, 3-17.  doi: 10.1386/jmpr.13.1.3_1
Artikel Jurnal Di Internet
Austin, D. (2009). Fatty acids, breastfeeding and autism spectrum disorder. E-journal of Applied Psychology, 5(1), 49-52. Retrieved from http://ojs/lib.swin.edu.au/
Artikel Koran
Fung, M. (2006, December 12). Asthma rates increasing. Winnipeg Free Press, pp. C4.
Artikel Koran Online
Harris, M. (2011, August 16). Grades improve if classes start later, studies find. The Calgary Herald.  Herald. Retrieved from http://www.calgaryherald.com/
Website
Buzan, T. (2007). Mind maps. Retrieved September 3, 2009, from http://www.buzanworld.com/Mind_Maps.ht
Dokumen Website
TransCanada. (2006). Annual report. Retrieved from http://www.transcanada.com/investor/annual_reports/2006 /media/pdf/TransCanada_2006_Annual_Report.pdf
Book translation
Mancusa, S., & Viola, A. (2015). Brilliant green: The surprising history and science of plant intelligence (J. Benham, Trans.). Washington, DC: Island Press.
 
  1. Semua naskah dipelajari secara anonim oleh pengulas yang ditunjuk oleh editor sesuai dengan keahlian mereka. Penulis diberikan kesempatan untuk merevisi naskah berdasarkan rekomendasi/saran dari pengulas. Keputusan publikasi atau penolakan akan diinformasikan melalui alamat email penulis.
  2. Editor memiliki hak untuk memodifikasi dan memperbaiki ejaan, penulisan, dan tata bahasa dari naskah yang diterbitkan.
  3. Segala sesuatu yang berkaitan dengan mengutip izin atau penggunaan perangkat lunak komputer dalam menulis naskah atau hal-hal lain yang berkaitan dengan hak cipta yang dilakukan oleh penulis, bersama dengan semua konsekuensi hukumnya, menjadi tanggung jawab penuh penulis.
  4. Seorang penulis yang naskahnya diterbitkan akan mendapatkan salinan bukti penerbitan dan lima salinan bukti cetak. Manuskrip yang tidak diterbitkan tidak akan dikembalikan.

Persiapan Pengajuan Naskah

Sebagai bagian dari proses pengajuan, penulis diwajibkan untuk memeriksa kepatuhan pengajuan mereka dengan semua item berikut, dan pengiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  1. Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).
  2. File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks ini memiliki spasi tunggal; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  5. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis, yang ditemukan di Tentang Jurnal.
  6. Jika mengirimkan ke bagian peer-review jurnal, instruksi dalam Memastikan Tinjauan Buta telah diikuti.

Hak Cipta

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

Copyright Notice


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Pembiayaan

Jurnal ini membebankan biaya penulis berikut (kondisional)

Jika artikel anda diterima, dan menginginkan untuk memperoleh versi cetak. Anda akan diminta membayar untuk menutup biaya cetak sebesar 400.000,00 (IDR)