STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DUTA WISATA SEBAGAI INFLUENCER PARIWISATA KOTA PEKALONGAN

Authors

  • Umi Azzahra Rara Universitas Dian Nuswantoro
  • Agus Triyono Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v7i1.4944

Keywords:

duta wisata, influencer, instagram, komunikasi pemasaran terpadu, pariwisata

Abstract

Asosiasi Duta Wisata Kota Pekalongan (Adwika) merupakan komunitas Duta Wisata yang berperan sebagai promotor pariwisata. Duta Wisata dinilai dapat membantu dalam memberikan pengertian dan pengetahuan kepada orang lain sehingga Duta Wisata ini bisa disebut sebagai influencer karena mereka dapat mempengaruhi orang lain melalui tindakannya. Duta Wisata memanfaatkan platform media sosial terutama Instagram untuk mempromosikan potensi pariwisata Kota Pekalongan sesuai dengan teori IMC (Integrated Marketing Communication). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu Duta Wisata sebagai influencer pariwisata Kota Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data primer diperoleh secara langsung melalui observasi dan wawancara mendalam, sedangkan data sekunder diperoleh melalui perantara baik dokumen atau orang lain yang berupa foto maupun tulisan yang didapatkan dari arsip dokumen dan sumber lainnya. Hasil dari peneitian ini menunjukan bahwa penerapan IMC (Integrated Marketing Communication) yang dilakukan oleh Duta Wisata dalam mempromosikan Kota Pekalongan baik secara langsung maupun media sosial merupakan keputusan yang baik dan tepat. Melalui media sosial Instagram, Duta Wisata membuat konten menarik dan interaktif. Dengan melaksanakan program kerja yang terintegrasi, Duta Wisata Kota Pekalongan berhasil membangun citra positif dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi pariwisata kota.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-01 — Updated on 2024-02-28

Versions