STRATEGI KOMUNIKASI TIM KERJA GENERASI BERENCANA BKKBN DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM KEPADA REMAJA KALTIM

Authors

  • Ahmad Adha Febrian Febrian Universitas Mulawarman
  • Ainun Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v7i1.4597

Keywords:

BKKBN, Remaja, Komunikasi, Generasi, Berencana

Abstract

Menurut observasi awal dari peneliti, program Generasi Berencana hanya bisa menyasar beberapa kalangan saja dan tidak semua sasaran dapat terpapar. Hal ini merupakan sebuah pertanyaan yang besar karena dana untuk realisisasi program Generasi Berencana yang dikeluarkan oleh negara melalui BKKBN tidaklah sedikit tetapi menurut data yang diperoleh, selama kurang lebih 13 tahun berjalannya program GenRe, tidak ada penurunan secara signifikan dari TRIAD KRR, bahkan prevalensi dari penyalahgunaan NAPZA meningkat yang berimplikasi pada tidak adanya peningkatan signifikan IPP di Indonesia. Tentunya hal ini bisa berasal dari faktor eksternal seperti warga atau masyarakat yang masih tertutup dan enggan menerima program ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh Tim Kerja GenReĀ  BKKBN Provinsi Kalimantan Timur di dalam mensosialisasikan program GenRe kepada Remaja Kalimantan Timur. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan Metodelogi Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Tim Kerja GenRe Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur menerapkan tahapan strategi komunikasi milik menurut Hafied Cangara yaitu penelitian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan serta menerapkan Teori DOI di beberapa tahapannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-01