Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin pada Anak Usia Dini di TK PGRI Warinta
DOI:
https://doi.org/10.35326/jla.v3i2.4136Keywords:
Implementasi, Pendidikan Karakter, DisiplinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Anak Usia Dini di TK PGRI Warinta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu penulisan yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya tentang objek yang diteliti, menurut keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian berlangsung, data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka namun data tersebut berupa naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dan dokumen lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek yang diteliti adalah semua siswa TK PGRI Warinta. Hasil penelitian menunjukkan sudah cukup baik dilihat dari peraturan anak telah mengikuti peraturan berdasarkan tata tertib, seperti anak memakai seragam yang sesuai berdasaran tata tertib, jam masuk dan pulang tepat waktu, penerapan sanksi disekolah juga sangat baik dimana guru memberikan sanksi berupa teguran atau nasehat, dan menyuru anak bernyanyi di depan kelas dimana sanksi tersebut tidaklah menyakiti anak dan terdapatempat unsur pembentuk karakter disiplin pada anak yang dilakukan oleh guru TK PGRI Warinta yaitu: penerapan peraturan disekolah, penerapan kebiasaan yang baik di sekolah, pemberian sanksi, pemberian penghargaan/reward.