Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Pasir di TK Darma Wanita Langge Desa Langge Kecamatan Kaledupa

Authors

  • Rani Harmawati Universitas Muhammadiyah Buton
  • La Jeti Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/jla.v3i2.4134

Keywords:

Pengenalan, Huruf Hijaiyah, Media Pasir

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Menggunakan Media Pasir Di TK Darma Wanita Langge Desa Langge Kecamatan Kaledupa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru TK Darma Wanita Langge dan Orang Tua Siswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data mengacu pada bagaimana peneliti mengumpulkan data, dan dalam hal ini peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitis didukung data empiris, melalui langkah-langkah 1) reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) penggunaan media pasir untuk mengenalkan huruf hijaiyah di TK Darma Wanita Langge dapat dilakukan didalam kelas maupun di luear kelas agar anak tdk merasa bosan saat belajar mengenal huruf hijaiyah, 2) Guru sebagai motivator, memotivasi anak-anak dengan cara memberikan perhatian, semangat dan pujian kepada anak pada saat anak dapat menyelesaikan pembelajaran yang diberikan oleh buru, 3) tingkat pencapaian pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun di TK Darma Wanita Langge cukup baik, karena sebelumnya anak sudah diajarkan sedak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Harmawati, R., & Jeti, L. (2022). Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Pasir di TK Darma Wanita Langge Desa Langge Kecamatan Kaledupa. Jurnal Lentera Anak, 3(2), 65–74. https://doi.org/10.35326/jla.v3i2.4134