Kemampuan Berbahasa Anak dengan Menggunakan Metode Bercerita pada TK Ya Bunayya Hidayatullah Muna Barat
DOI:
https://doi.org/10.35326/jla.v3i2.3183Keywords:
Bahasa Anak, Metode Pembelajaran, BerceritaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan berbahasa anak dengan menggunakan metode bercerita pada TK Ya Bunayya Hidayatullah Muna Barat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest. Dalam penelitian ini menggunakan populasi anak Kelas B di TK Ya Bunayya Hidayatullah Muna Barat. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi, kusioner, dan chek list. Teknik analisis data menggunakan statistic dengan uji T berbantuan SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berbahasa anak dengan menggunakan metode bercerita. Hasil perhitungan menggunakan SPSS 20.0 dengan cara membandingkan antara nilai T yang dihasilkan dari perhitungan THitung pada kelas eksperimen yaitu sebesar 3,378 ≥ nilai Ttabel yaitu sebesar 1,895, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa pengaruh kemampuan berbahasa anak dengan menggunakan metode bercerita sangat efektif dilakukan di TK Ya Bunayya Hidayatullah Muna Barat. Dari hasil ini, terlihat bahwa meningkat atau menurunnya kemampuan berbahasa anak dipengaruhi oleh metode bercerita dengan nilai signifikan mencapai 0.00 ≤ nilai α yaitu 0.05