The Effect Of Access To Digital-Based Market Information On Sustainable Agriculture Decisions

Authors

  • Ristani Widya Inti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Hakkul Bahiz Mahdani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Dharma Setiawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Surya Ari Widya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Trisman Jaya Giawa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35326/agribisnis.v9i1.7301

Keywords:

pertanian berkelanjutan, informasi digital, agribisnis, keputusan petani, Surabaya Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akses informasi pasar berbasis digital terhadap keputusan pertanian berkelanjutan pada petani di wilayah Surabaya Barat. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik analisis regresi linier berganda terhadap tiga variabel independen: frekuensi akses informasi digital (X₁), jenis platform digital yang digunakan (X₂), dan tingkat pemahaman informasi digital (X₃), serta satu variabel dependen yaitu keputusan pertanian berkelanjutan (Y). Hasil uji F menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pertanian berkelanjutan (F = 120,330; sig. = 0,000). Sementara itu, hasil uji t menunjukkan bahwa masing-masing variabel X₁ (sig. = 0,025), X₂ (sig. = 0,001), dan X₃ (sig. = 0,003) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel dependen. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,933 menunjukkan bahwa 93,3% variasi keputusan pertanian berkelanjutan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan akses dan pemahaman terhadap informasi digital memainkan peran penting dalam mendorong praktik pertanian berkelanjutan. Studi ini merekomendasikan pentingnya penguatan literasi digital dan perluasan infrastruktur informasi digital di wilayah urban-agricultural sebagai bagian dari strategi pembangunan pertanian berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Banjari, F. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Digital Platform Travel (Traveloka, Tiket.com. Pegipegi) Berbasis Mobile dengan Menggunakan Extended Expectation-Confirmation Model (ECM). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, February, 1–9.

Anggraini, S., Siaga, E., Loso, S., Heirina, A., & Vajri, Y. I. (2024). Z-Farm Wisdom : Menyatukan Tradisi dan Inovasi Pertanian Ramah Lingkungan untuk Generasi Z. In Insight Mediatama. https://repository.insightmediatama.co.id/books/37/28

Aulia, M. R., Widiarta, I. P., Herdiansah, R., Astina, S. P., Lisarini, I. E., Gusti Marliani, M. E., & Amruddin, S. P. (2024). Konsep Dasar Manajemen Agribisnis. Cendikia Mulia Mandiri.

Bakhriansyah, H. M., Anhar, V. Y., & Noor, I. H. (2025). Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Pada Sekolah. Uwais Inspirasi Indonesia.

Ilham, A. (2023). Pengembangan Model Desa Cerdas Berbasis Teknologi Pertanian 4.0 Untuk Mendukung Katahanan Pangan Berkelanjutan. https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/35175/

Irawan, E. (2023). Literature Review : Literasi Digital , Literasi Ekonomi , Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. EBISMAN : EBisnis Manajemen, 1(4), 30–41.

Raysharie, P. I., Harto, B., Judijanto, L., Apriyanto, A., Riyanto, J., Gumilang, R. R., Purnamasari, N., Muchayatin, M., & Kusumastuti, S. Y. (2025). UMKM: Pengelolaan usaha dari Kecil menjadi besar. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wibowo, E. T. (2020). Pembangunan Ekonomi Pertanian Digital Dalam Mendukung Ketahanan Pangan (Studi di Kabupaten Sleman: Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 204. https://doi.org/10.22146/jkn.57285

Wijaya, C. W., Ariyanto, A., Dahliana, B., & Suwandi. (2024). Dinamika Pertanian Berkelanjutan: Inovasi dan Kolaborasi untuk Kesejahteraan Petani (Suwandi (ed.)). Eureka Media Aksara.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Inti, R. W., Mahdani, H. B., Setiawan, D., Widya, S. A., & Giawa, T. J. (2025). The Effect Of Access To Digital-Based Market Information On Sustainable Agriculture Decisions. Media Agribisnis, 9(1), 10–20. https://doi.org/10.35326/agribisnis.v9i1.7301

Issue

Section

Articles